Kanker prostas dan impoten adalah momok bagi kaum adam. Semangka ternyata bisa menghindarkan pria dari momok tersebut. Semangka kaya akan lycopene, salah satu jenis carotenoid yakni pigmen merah atau oranye tanaman.
Data dari berbagai studi menunjukkan mengonsumsi makanan tinggi lycopene dapat menurunkan munculnya atau progresi kanker prostat. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat, menunjukkan pria yang sering makan makanan tinggi lycopene seperti semangka dan tomat, beresiko lebih rendah terkena kanker prostas.
Efek semangka terhadap impoten ada pada citrulline, yang akan diubah menjadi arginine di dalam tubuh. Arginin meningkatkan nitric oxide yang merilekskan pembulh darah; efek dasar yang dimiliki Viagra untuk mengobati atau mencegah disfungsi ereksi atau impoten. Lebih jauh, nitric oxide dapat membantu meningkatkan aliran darah, sehingga membantu mengobati angina (nyeri dada pada penyakit jantung), tekanan darah tinggi, serta masalah jantung dan pembuluh darah lainnya.Ada pun kandungan arginine juga membantu menghilangkan amonia dan senyawa beracun lain dari tubuh.
Studi pada 50  pria impoten melaporkan perbaikan fungsi seksual setelah pemberian , arginine. Semangka sebaiknya dikonsumsi bersama bagian putihnya karena konsentrasi citruline lebih tinggi pada bagian tersebut. Pilihlah semangka dengan varietas merah gelap, karena kandungan lycopene-nya lebih tinggi.