Madu adalah nektar atau  eksudat gula dari tanaman yang dikumpulkan oleh lebah madu, diolah dan disimpan dalam sarang lebah apus millifera. Komponen utama dari madu adalah fruktosa, sedikit sakarosa, mineral, vitamin dan berbagai enzim. Madu dapat berfungsi sebagai penambah darah, membantu pertumbuhan, obat penyakit pencernaan, konstipasi serta dapat juga sebagai pelembab, lulur kulit dan antibiotik.

Komposisi lengkap madu antara lain air 25%, abu 25% dan 8% sukrosa. Nektar oleh enzim invertase lebah diubah menjadi fruktosa dan glukosa. Fruktosa dan glukosa merupakan penyusun 85%-95% karbohidrat madu. Mineral dalam madu antara lain fosfor, kalium, natrium, Fe, kalsium, sulfur, magnesium, mangan, silika dan tembaga yang biasa disebut total abu. Sedangkan vitamin pada madu adalah tiamin, riboflavin, biotin, asam askorbat, piridoksin, asam pantotenat. Enzim yang terdapat pada madu adalah amilase, glukosa oksidase, katalase, invertase, diastase, peroksidase, fosfatase asam dan proteolitik. Madu asli memutar bidang polarisasi kekiri (levotatory) alias fruktosa>glukosa.

Saat ini banyak sekali kasus pemalsuan madu. Hal tersebut dikarenakan nilai ekonomis madu yang tinggi, Ciri dari madu palsu adalah kadar sukrosa(gula pasir) yang tinggi sehingga sangat berbahaya bagi anak-anak dan penderita diabetes mellitus. Kadar sukrosa dalam madu berbeda dibeberapa negara berbeda-beda. Di Indonesia kadar maksimal sukrosa dalam madu 10%, jerman 5% dan swis 4%.

Berikut beberapa cara memalsukan madu :

  1. Glukosa+fruktosa+gula pasir+buah+zat aromatis+zat warna.
  2. 29,40% gula pasir+40,8% gula invert+glukosa+fruktosa+0,1 garam mineral+ 29,2% air.
  3. Menggunakan campuran sari buah.
  4. Madu asli+madu campuran.

Cara pasti mengidentifikasi madu palsu adalah rendahnya kadar enzim diestase bahkan ada yang sampai nol, serta kadar hidroksi metil furfural (HMF)lebih dari 240 mg/kg.

Jadi kesimpulan dari pembahasan ini adalah untuk mengidentifikasi pasti madu palsu adalah menggunakan tes laboratorium. Diharapkan pemerintah beserta jajarannya lebih memperketat peredaran madu palsu ini karena sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.