Preeklamsia adalah hipertensi yang khas pada kehamilan. Selain hipertensi, preeklamsia juga disertai proteinuria dan edema. Jika disertai dengan kejang disebut eklamsia. Saat ini preeklamsia menjadi masalah yang serius karena menjadi penyebab kematian no 1 wanita hamil. Pasien dengan preeklamsia bisa berakhir dengan kematiannya atau janinnya. Oleh karena dampak yang berbahaya ini, maka kita sangat penting untuk mengetahui pencegahan penyakit ini.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dibeberapa negara dibeberapa negara, menunnjukkan hasil yang aneh. Yaitu, kejadian preeklamsia di negara yang kurang maju(ethiopia) ternyata lebih rendah daripada beberapa negara yang lebih maju(japan). Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut,hasil diatas dipengaruhi oleh asupan kalsium. Di ethiopia, orang-orang biasanya minum air yang berasal dari sungai. Ternyata kadar kalsium dalam sungai tersebut sangat tinggi. Maka berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa suplementasi kalsium dapat mencegah preeklamsia. Hal ini didukung juga oleh suplementasi kalsium pada penderita preeklamsia dapat mengurangi gejalanya.
Mengenai mekanisme pengaruh kalsium terhadap preeklamsia dapat dilihat pada http://www.ajcn.org/cgi/reprint/33/10/2202.pdf